Minggu, 04 Maret 2012

7 Unsur Kebudayaan Universal

  Di dunia ini tersebar berbagai negara dengan beragam budaya yang tentunya berbeda antara negara yang satu dengan lainnya. Tapi dari banyaknya perbedaan budaya tersebut terdapat berbagai unsur kebudayaan yang bersifat universal.
 Banyak pendapat yang ada mengenai unsur kebudayaan universal,namun pendapat C.Kluckhohn yang sering dijadikan referensi karena mencakup inti sari dari pendapat-pendapat lain. Dalam karyanya yang berjudul Universals Categories of Culture ,unsur kebudayaan universal dibagi menjadi 7 yaitu :
  1. Sistem kepercayaan (religi)
  2. Sistem pengetahuan
  3. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
  4. Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi
  5. Sistem kemasyarakatan
  6. Bahasa
  7. Kesenian
 Menurut Koentjaraningrat unsur-unsur diatas diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan untuk mengalami perubahan. Artinya sistem religi adalah unsur budaya yang paling sulit berubah dan kesenian yang paling mudah berubah.

Menurut saya pribadi kesenian memang wajar untuk cepat berubah,karena adanya pengaruh dari arus mayoritas atau faktor lain.Contohnya di Indonesia,sekarang Indonesia dilanda 'demam Korea',mulai dari drama korea,fashion ala korea,sampai boys/girlsband pun banyak yang berkiblat pada boys/girlsband asal negeri ginseng tersebut.
 Dari hal seperti itu kita bisa tahu bahwa kebudayaan bisa berubah. Tapi selama setiap negara atau setiap individu tetap mengutamakan kebudayaan sendiri,tentu kebudayaan tersebut tidak akan mudah berubah.
  


credits : http://www.anneahira.com/7-unsur-kebudayaan-universal.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar