Minggu, 11 Maret 2012

Kesusastraan dan Hubungannya dengan Kebudayaan

Menurut wikipedia,kesusastraan berasal dari kata 'sastra' yang dalam Bahasa Sansekerta berarti "teks yang mengandung instruksi". Jadi kesusastraan dapat diartikan sebagai tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. Berikut adalah beberapa macam sastra :

berdasarkan bentuk :
  1. Prosa,bentuk sastra yang tidak terikat pada aturan dan menggunakan bahasa yang bebas.
  2. Puisi,bentuk sastra yang menggunakan bahasa yang singkat,padat dan indah.
  3. Prosa liris,bentuk sastra yang menggunakan bahasa bebas seperti prosa tetapi ditampilkan dalam bentuk menyerupai puisi.
  4.  Drama,bentuk sastra yang dilukiskan dengan menggunakan bahasa yang bebas dan panjang, serta disajikan menggunakan dialog atau monolog.
berdasarkan isi :
  1. Epik, karangan yang melukiskan sesuatu secara obyektif tanpa mengikutkan pikiran dan perasaan pribadi pengarang.
  2. Lirik, karangan yang berisi curahan perasaan pengarang secara subyektif.
  3. Didaktif, karya sastra yang isinya mendidik penikmat/pembaca tentang masalah moral, tatakrama, masalah agama, dll.
  4. Dramatik, karya sastra yang isinya melukiskan sesuatu kejadian(baik atau buruk) denan pelukisan yang berlebih-lebihan. 
 Dalam kehidupan sehari-hari sastra banyak digunakan untuk mengungkapkan pengalaman dan emosi yang dialami seseorang. Adapula peranan sastra adalah menyampaikan maksud tertentu agar orang lain memiliki pendapat yang sama dengan pembuat karya sastra tersebut.

Sastra sangat berhubungan dengan kebudayaan,karena disetiap negara memiliki sastra yang berbeda,baik secara tulisan,bahasa,arti/makna dan lainnya. Misalnya dalam sastra Arab,penulisan biasanya diawali dari sebelah kanan ke sebelah kiri, sedangkan dalam sastra Indonesia penulisan dimulai dari kiri ke kanan.

Setiap negara memiliki ciri khas dalam kesusastraan mereka karena setiap negara memiliki kebudayaan yang berbeda dari negara lain, walaupun terkadang ada kemiripan dalam kesusastraan negara - negara tersebut.

credit :  http://sastrasastra.wordpress.com/2009/06/25/macam-macam-sastra/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar