Minggu, 30 Juni 2013

KUIS 1 TEORI ORGANISASI UMUM 2 - MATERI RUANG LINGKUP EKONOMI

  1. Jelaskan tentang definisi ekonomi dan perekonomian (min.3 definisi)!
  2. Apa saja yang menjadi masalah pokok dalam ekonomi?jelaskan
  3. Bagaimana masalah pokok ekonomi dapat mempengaruhi mekanisme  harga?
  4.   Apa yang dimaksud dengan system perekonomian?
  5. Jelaskan sistem ekonomi yang berkembang saat ini ? 
Jawab :

1. Ada berbagai definisi ekonomi menurut beberapa ahli antara lain :
   a. Adam Smith : ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara
   b. Mill J.S : ekonomi ialah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan
   c. Abraham Maslow : ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien
   d. Paul A. Samuelson : ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat

2. Masalah pokok dalam ekonomi ada 3,yaitu :
   a. Produksi, menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda.
   b. Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.
   c.Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.
3. Masalah pokok ekonomi dapat mempengaruhi mekanisme harga dengan cara seperti berikut :
  •  Apa dan Berapa (What).
Masalah ini menyangkut persoalan jenis dan jumlah barang/jasa yang perlu diproduksi agar sesuai kebutuhan masyarakat: apakah bahan makanan yang dipilih? – apakah pakaian, tempat tinggal atau jasa lain? – serta berapa banyak barang tersebut diproduksi?
  • Bagaimana (How)   
Setelah jenis dan jumlah produksi dipilih, persoalan yang harus dipecahkan adalah: bagaimana barang tersebut diproduksi? – siapa yang memproduksi? – sumber daya apa yang digunakan? – teknologi apa yang digunakan?
  • Untuk siapa (For Whom)
Setelah pemecahan persoalan bagaimana memproduksi lebih lanjut adalah: untuk siapa ( for whom) barang yang akan diproduksi? – siapa yang harus menikmati?
4. Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
5. Sistem ekonomi yang berkembang saat ini adalah sistem ekonomi liberalis dan kapitalis yang banyak dianut oleh negara-negara di benua Eropa dan Amerika.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar