Minggu, 30 Juni 2013

KUIS 3 TEORI ORGANISASI UMUM 2 - MATERI PERILAKU KONSUMEN

  1. Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen?
  2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
  3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen?
  4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?
  5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?

Jawab :
      1. Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
      2. Untuk mendesain bauran pemasaran, mensegmen pasar bisnis,  memposisikan dan mendeferensiasikan produk, melaksanakan analisis lingkungan, mengembangkan studi riset pasar.
      3. Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen.
  •   Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
  •   Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen. 
  •   Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
     4. Faktor Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan Status.
    Faktor Personal : Situasi Ekonomi,Gaya Hidup,Kepribadian dan Konsep diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
    Faktor Psikologi : Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
    Faktor Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5. Sebaiknya konsumen tidak mudah terpengaruh keinginan sesaat, telitilah sebeum membeli, apakah barang yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau keinginan dan apakah bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar