Selasa, 27 Mei 2014

[Opini] Penutupan Windows XP

   Pada tanggal 8 April 2014 lalu sistem operasi Windows XP besutan Microsoft resmi berhenti mendapatkan dukungan. Penghentian dukungan ini akan menyebabkan munculnya ancaman dari segi keamanan. Tetapi hal itu tidak menurunkan tingkat pengguna Windows XP secara drastis. Dari sumber berita online Detik saya mengetahui bahwa masih banyak pengguna yang masih bertahan untuk memakai sistem operasi yang telah ada sejak 13 tahun lalu ini. Ini dikarenakan anggapan bahwa Windows XP adalah sistem operasi terbaik dan memiliki kelebihan dibandingkan OS lainnya. Selain itu untuk upgrade OS menjadi ke Windows 7 atau Windows 8 akan memakan biaya yang lebih banyak.
  Penghentian dukungan terhadap Windows XP yang mengkhawatirkan bagi saya adalah ancaman keamanannya. Terutama karena masih banyak komputer yang memakai OS ini. Dan yang saya baca dari detik.com bahwa mesin ATM di dunia masih banyak yang menggunakan Windows XP. Jadi dengan penghentian dukungan dapat menyebabkan mesin ATM menjadi sasaran para penjahat cyber. Dan sasaran tersebut juga berlaku bagi komputer-komputer di seluruh dunia yang masih menggunakan Windows XP.
  Sebagai pengguna saya hanya bisa menyarankan untuk lebih baik mengupgrade OS untuk menghindari ancaman-ancaman yang dapat merugikan. Setidaknya komputer dilengkapi dengan anti-virus yang terupdate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar