Selasa, 28 Januari 2014

Sejarah dan Perkembangan Robotika di Dunia

   Robot menurut wikipedia adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot hingga saat ini memiliki banyak sekali jenis dengan tujuan masing-masing. Misalnya robot untuk militer,robot industri,robot rumah tangga,dll.


Sejarah Robot

Tahun 1920
   Ide robot bukanlah hal yang baru. Cukup lama manusia memimpikan adanya mekanik pintar yang dapat menggantikan tugas manusia. Penemuan mainan dan peralatan otomatis yang kemudian menginspirasi robot dalam bentuk gambar, cerita dan film, menjadi awal dimulainya perkembangannya. Istilah robot pertama kali dipakai tahun 1920 oleh penulis Czech Karel Capek (dibaca “Chop’ek”) dengan karyanya  “R.U.R” atau Rossum’s Universal Robot dimana seorang laki-laki membuat robot dan robot membunuh penciptanya. Banyak kemudian film menggambarkan robot sebagai alat yang tidak bersahabat atau sebagai mesin perusak yang berlawanan dengan arti robot (robota) dalam bahasa Czech yang berarti pekerja paksa.
Beberapa film terkenal seperti starwar tahun 1977 dengan menampillan robot C3PO dan R2D2 justru menampilkan robot sebagai pembantu manusia sekaligus juga musuh manusia. Robot dalam film ini terlihat menyerupai manusia atau istilahnya “Android”

Tahun 1941
   Tahun inilah barulah istilah robotics digunakan dalam teknologi robot oleh penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov. Dia juga memprediksi akan munculnya robot-robot industri canggih dimasa datang. Jika kita lihat hari ini, maka apa yang dibayangkan olehnya terbukti dimana begitu pesatnya perkembangan robot-robot industri saat ini. Istilah revolusi robot, robot age atau era robot sudah menjadi hal biasa untuk menjelaskan perkembangan itu. Robotics diterima sebagai istilah atau kata untuk mendeskripsikan semua kemajuan teknologi yang berhubungan dengan robot.

Tahun 1956
   Georde Devil dan Joseph Engelberger membentuk perusahaan robot pertama kali. Devil memprediksi robot akan menjadi bagian penting di industri sebagai operator pabrik dan membantu pekerja dalam menjalankan mesin-mesin pabrik. Beberapa tahun kemudian atau tepatnya 1961, General Motor pertama kali menggunakan robot untuk pabrik otomotifnya. Robot industri kemudian berkembang dan mulai banyak digunakan tahun 1980 oleh perusahaan selain otomotif dimana perkembangan elektronik dan computer membuat robot modern lahir.

   Perkembangan robotika terutama di Asia paling pesat adalah di Jepang. Negeri Sakura ini telah memiliki cikal-bakal robot sejak zaman Edo[1603-1867] yaitu sebuah boneka mekanik yang dikenal sebagai Karakuri Ningyo. Hingga saat ini telah banyak robot-robot yang dihasilkan dari Jepang. Dan salah satunya yang menghebohkan adalah robot bernama Kirobo. Robot ini dapat berbicara dalam bahasa Jepang dan dikirimkan ke luar angkasa dalam rangka studi sejauh mana kolaborasi mesin robot dengan astronot dalam waktu yang lama.
   Indonesia juga memiliki sejarah dalam dunia robotika. Banyak muda-mudi Tanah Air yang mengikuti perlombaan Nasional dan Internasional membuat robot. Sering kali pencapaian itu diberitakan di televisi kita,tapi sayangnya belum terlihat robot yang benar-benar bisa dikomersialkan. Semoga saja di masa datang banyak penerus negeri yang bisa membuat robot Indonesia terkenal dan banyak digunakan seperti robot dari Jepang atau negara lain yang terkenal akan robotikanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar