Rabu, 12 Maret 2014

Perbedaan Windows 8 dengan Windows 8.1

    Microsoft Windows adalah salah satu sistem operasi yang sangat banyak digunakan untuk komputer di seluruh dunia. Versi yang beredar pun beragam dan yang terbaru adalah Windows 8.1. Versi ini diluncurkan pada Oktober tahun lalu. Pada versi ini tentunya memiliki perbedaan dari pendahulunya yaitu Windows 8. Apa sajakah perbedaannya?
   
     Berikut ini adalah beberapa peningkatan yang ada di Windows 8.1 dan perbedaan dibandingkan versi sebelumnya :


  1. Kembalinya Start Screen button,yang di Windows 8 ditiadakan dan menyebabkan banyak user merasa kecewa. Di versi 8.1 fungsi Start Screen button tidak seperti Windows 7 melainkan sama dengan fungsi Windows 8 yaitu untuk masuk ke metro. Namun fungsi tombol itu dapat diubah menjadi penunjuk all program seperti di Windows 7 dengan cara klik kanan taskbar -> properties -> pilih navigasi -> centang "Show the apps view automatically when I go to Start Screen".
  2. Ukuran Windows Live Tiles yang bervariasi. Apabila pada versi 8 pilihan ukuran Live Tiles adalah kecil,sedang dan besar sedangkan pada versi 8.1 ukurannya yaitu kecil,sedang,besar dan sangat besar. Pada tiles juga dapat ditambahkan judul grup.
  3. Dapat langsung masuk ke mode Desktop. Pada versi ini terdapat pilihan untuk langsung masuk ke mode Desktop setelah booting. Caranya adalah dengan klik kanan taskbar -> pilih properties -> pilih navigasi dan centang "When I sign in or close all apps on a screen,go to the desktop instead Start".
  4. Fitur Search yang lebih kompleks,dimana tidak hanya dapat mencari aplikasi seperti Windows sebelumnya tetapi juga dapat mencari file-file di harddisk sampai Internet.
  5. Fitur tambahan lainnya,misalnya slide show pada Lock Screen,akses langsung ke aplikasi Skype atau aplikasi lainnya,background metro dapat disamakan dengan background desktop. Untuk mengubah background pada versi 8.1 ada di Setting (charm menu) tidak seperti versi sebelumnya yang di Change PC Setting.
 
   Windows 8.1 memiliki kelemahan selain kelebihannya yaitu tidak dapat mendeteksi koneksi ad-hoc apabila tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Selain itu untuk membuat koneksi hotspot pun tidak semudah Windows 7. Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan memakai command prompt atau aplikasi semacam connectify atau mhotspot.

    Perubahan pada Windows 8.1 mungkin lebih baik dibandingkan Windows versi sebelumnya,tetapi untuk upgrade versi tentunya harus sesuai dengan kebutuhan dan dana yang ada. Saya sendiri masih menggunakan Windows 7 dan belum upgrade ke Windows 8.1 jadi tidak tahu seberapa besar peningkatan atau perbedaannya. Jadi bagi pembaca yang ingin upgrade lebih baik mencari informasi atau review mengenai Windows 8.1 agar dapat memilih OS yang baik untuk komputer atau tablet anda.


Source

   
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar