Minggu, 17 November 2013

Opini 1 Tahun Kinerja Jokowi Ahok Sebagai Gubernur dan Wagub Jakarta

     Pada 15 Oktober lalu tepat 1 tahun sudah Bapak Joko Widodo (Jokowi) dan Bapak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Banyak pemberitaan yang beredar untuk memperingati hal tersebut baik di media cetak maupun elektronik. Pemberitaan tersebut bermacam-macam mulai dari pencapaian,evaluasi sampai keluhan-keluhan dari berbagai pihak tentang kepemimpinan beliau berdua.
    Saya sebenarnya bukanlah pemerhati bidang politik,tetapi ketika mencari informasi mengenai kinerja pak jokowi - ahok saya sangat tertarik sekali dengan cara mereka memimpin Jakarta. Kepribadian beliau masing masing sangat berbeda dengan pak jokowi yang santai dan pak ahok yang terkadang marah-marah. Tetapi keduanya menurut saya sangat tegas dalam menjalankan tugas masing - masing. Bahkan beliau berani memarahi bawahan atau orang-orang yang bersalah di depan kamera,yang jarang saya lihat,karena kebanyakan orang akan menjaga image mereka ketika berada di depan publik.
   Pencapaian atau hasil kerja yang telah dilakukan Jokowi - Ahok selama 1 tahun menurut cukup banyak mengingat baru setahun setelah mereka dilantik. Beberapa pencapaian itu antara lain dikeluarkannya Kartu Jakarta Sehat(KJS) yang digunakan untuk membantu warga DKI yang tak mampu untuk berobat dengan murah. Selanjutnya adalah Kartu Jakarta Pintar(KJP) yang digunakan untuk membantu anak sekolah yang tak mampu untuk membeli perlengkapan sekolahnya. Berikutnya adalah normalisasi waduk Pluit yang berubah dari rumah-rumah kumuh menjadi taman yang di berfungsi sebagai tempat hiburan alternatif bagi warga Jakarta. Tentunya para warga yang digusur tidak ditinggalkan begitu saja tetapi disewakan tempat untuk tinggal yaitu di rusun. Selain itu pasangan ini melakukan penertiban pada PKL yang ada di Pasar Minggu,Tanah Abang dan Jatinegara. Para PKL pun dipindahkan ketempat yang lebih layak untuk berjualan. Dengan penertiban PKL ini diharapkan membantu untuk mengurangi kemacetan.
    Diluar pencapaian diatas masih ada beberapa pencapaian dan proyek lain dari pasangan Jokowi - Ahok misalnya proyek MRT dan monorel yang sudah digarap setelah bertahun-tahun ditunda. Saya sebagai masyarakat awam menilai kinerja mereka selama 1 tahun ini sangatlah nampak hasilnya bagi warga DKI Jakarta. Walaupun saya belum menikmati hasilnya secara langsung,tapi saya sangat mengharapkan Jokowi - Ahok dapat mengatasi masalah-masalah Jakarta terutama macet dan banjir. Apabila masalah tersebut dapat teratasi tentunya Jakarta menjadi provinsi yang sangat nyaman untuk ditinggali dan dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar