Selasa, 12 November 2013

Pentingkah Belajar Bahasa Asing?

  Bahasa adalah cara manusia berkomunikasi atau cara manusia menyampaikan apa yang ingin diungkapkan kepada sesamanya. Bahasa yang ada di dunia ini begitu banyak contohnya bahasa isyarat,bahasa kontak,bahasa simbol, dan bahasa verbal. Dari berbagai macam bahasa itu,bahasa yang paling sering digunakan adalah bahasa verbal lisan dimana seseorang berbicara menggunakan bahasa dengan lawan bicaranya.

  Sejak lahir kita telah belajar untuk menggunakan bahasa,yaitu bahasa yang diajarkan oleh keluarga terutama Ibu kita sehingga bahasa yang pertama kita pelajari di sebut bahasa Ibu. Bahasa Ibu juga merupakan bahasa yang kita pelajari sesuai tempat dimana kita lahir. Bahasa pertama kali kita gunakan adalah bahasa Indonesia,jadi bahasa Indonesia adalah bahasa Ibu dan bahasa utama yang paling sering kita ucapkan.

  Di setiap negara memiliki bahasa yang berbeda-beda,tetapi karena saat ini seluruh masyarakat dunia saling terhubung dan saling berkomunikasi maka mempelajari bahasa asing sangatlah penting untuk mempermudah berkomunikasi dengan orang lain dengan bahasa yang berbeda. Mempelajari bahasa asing memiliki banyak keuntungan antara lain mempermudah komunikasi dengan orang asing dari negara lain, memperbanyak teman internasional,membantu dalam mencari pekerjaan dimana kemampuan bicara bahasa asing menjadi nilai lebih misalnya mampu belajar bahasa Inggris,Mandarin,Spanyol,dll. Selain belajar bahasa asing dapat membuat kemampuan otak untuk berkembang dalam kemampuan bahasa.

  Tetapi dengan adanya bahasa asing jangan sampai membuat kita lupa akan bahasa Ibu dimana tempat kita lahir. Karena bahasa itulah yang membuat kita bisa berbahasa dan menyampaikan apa yang kita ingin katakan kepada keluarga kita untuk pertama kali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar