Minggu, 17 November 2013

Opini Selama Kuliah di UG

    Sebelum kuliah di UG saya berniat untuk masuk ke universitas dengan jurusan Teknobiologi yang ketika SMA Biologi adalah pelajaran yang sangat saya sukai. Tetapi saya diterima di jurusan Ilmu Biologi yang kemungkinan besar pekerjaannya adalah menjadi guru biologi dan orang tua saya kurang setuju,apalagi universitas yang menerima saya berada di Yogyakarta. Oleh karena itulah orangtua saya menyarankan untuk berkuliah di Universitas Gunadarma yang dekat dengan rumah saya di Asrama Brimob Kelapa Dua. Dan saya mempertimbangkan untuk memilih jurusan sastra Inggris,Psikologi dan Sistem Informasi. Karena menurut orang tua saya pekerjaan di dunia IT sedang berpengaruh dan memiliki prospek kerja lebih luas maka saya mengikuti mendaftar,mengikuti ujian dan lulus di jurusan SI.
   Selama kuliah di UG banyak hal yang membuat saya bingung misalnya banyaknya kampus serta gedung-gedung yang bahkan sampai sekarang masih cukup sulit untuk saya hafalkan. Selain itu pengisian KRSnya yang masih belum terbiasa. Untungnya setiap pengisian KRS selalu ada pengawasnya agar tidak salah dalam mengisi KRS.
   Disetiap universitas pastinya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing,begitu pula dengan kampus saya ini. UG memiliki berbagai keunggulan sehingga menempatkan universitas ini dalam urutan ke 5 Universitas nasional terbaik menurut Webometrics. Menurut saya beberapa kelebihan UG adalah akses jalan menuju kampus yang mudah,adanya kelas malam bagi mahasiswa yang bekerja,ruangan kelas ber AC,adanya OHP untuk setiap kelas,website-website akademik yang update dan lengkap. Selain itu di kampus E,D, dan G terdapat atm center dan bank DKI yang bekerja sama dengan UG dalam membantu mahasiswa mengurus biaya selama perkuliahan,dimana mahasiswa dapat membayarkan biaya kuliah melalui blangko bank DKI dan dapat dibayarkan langsung ke bank DKI yang ada di kampus E dan G.
   Setiap universitas tak luput dari kekurangan dari berbagai sisi,termasuk UG. Menurut saya kekurangan UG berbeda untuk masing-masing orang,misalnya saja kampus yang berada di seberang jalan raya. Hal itu bisa menjadi kelebihan bagi mahasiswa yang tidak membawa kendaraan pribadi,tetapi bisa menjadi kekurangan bagi mahasiswa yang mengendarai motor atau mobil. Begitu pula dengan fasilitas maupun cara perkuliahan yang ada. Menurut saya fasilitas yang ada di UG saat ini sudah cukup untuk membantu perkuliahan saya. Dan cara dosen mengajar pun sudah cukup baik dan dapat saya mengerti. Tentunya hal yang paling penting adalah niat untuk belajar,sehingga walaupun tempat kita belajar banyak kekurangan selama kita ada niat belajar,kita akan mampu mendapatkan ilmu yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar