Sabtu, 14 Desember 2013

Langkah Jokowi-Ahok Mengatasi Banjir Jakarta

  Setahun lebih pasangan Jokowi-Ahok menjabat dan beberapa program kerja mereka telah dijalankan. Program kerja yang gencar dilaksanakan salah satunya adalah untuk mengatasi masalah banjir di Jakarta. Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang telah atau sedang dilakukan Pemrov DKI yaitu :



  1. Pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT), untuk penyelesaian pembebasan lahan serta pembangunan jalan dan saluran pengaman sejajar KBT;
  2. Normalisasi sungai dan saluran drainase, meliputi perbaikan perkuatan tebing melalui pembangunan sheet pile; Inventarisasi dan pembebasan lahan utamanya untuk Kali Pesanggrahan, Kali Angke, dan Kali Sunter; pembersihan sampah serta pengerukan sungai dan saluran di lima wilayah kota;
  3. Penataan pembangunan situ, waduk dan tanggul pengaman pantai, yaitu pembangunan embung; pembebasan lahan dan pembangunan waduk; serta pembangunan tanggul pengaman di pantai utara Jakarta.

   Dari program besar tersebut ada beberapa langkah kecil dan menarik tapi penting yang tengah dilakukan Pemrov DKI yaitu pengawasan sungai dengan mengerahkan petugas untuk memfoto apabila ada warga yang berniat membuang sampah ke sungai. Dengan cara seperti itu menurut saya cukup berguna agar dapat menjadi bukti mendenda warga yang membandel untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dan hal itu juga menjadi peringatan dan efek jera bagi masyarakat.
   Tentunya semua orang menginginkan tidak ada lagi banjir di Jakarta,dan semoga dengan adanya program dan langkah yang pasti dijalankan oleh Jokowi-Ahok ini dapat mengatasi masalah Jakarta ini. Dan yang paling penting adalah peran serta seluruh masyarakat Jakarta maupun sekitarnya untuk tidak membuang sampah sembarangan(di sungai) untuk menciptakan lingkungan yang sehat,bersih dan indah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar