Minggu, 08 Desember 2013

Perkembangan Fashion dan Brand Pakaian di Indonesia

     Indonesia adalah negara yang memiliki banyak ragam budaya,salah satunya adalah budaya dalam hal fashion. Sejak jaman dulu setiap wilayah di Indonesia memiliki pakaian adat masing-masing yang menjadi ciri khasnya. Dan beberapa dari budaya tersebut bahkan telah ditetapkan sebagai warisan kebudayaan oleh UNESCO(United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization)  yaitu Batik yang diresmikan 2 Oktober 2009 dan Noken pada 4 Desember 2012. Selain itu terdapat pakaian adat lain yang terkenal misalnya kain songket,ulos,kebaya,blangkon,dll. Tentunya kita patut mengetahui dan berbangga memiliki warisan budaya seperti ini agar budaya asli Indonesia tidak dirampas oleh bangsa lain dan hal itu tentunya menjadi kerugian bagi negara kita.

    Seiring perkembangan jaman,pengaruh fashion dari negara lain memberikan perubahan pada fashion Indonesia. Misalnya dengan munculnya berbagai brand pakaian yang mengikuti fashion atau gaya pakaian khas negara barat. Berikut ini adalah beberapa brand pakaian atau fashion dari Indonesia yang terkenal bahkan sampai ke luar negeri.
  1. Peter Says Denim,brand pakaian denim yang diciptakan oleh Peter Firmansyah yang terkenal dan digunakan oleh musisi luar negeri seperti Silverstein,The Almost,Sky Eats Airplane,dll;
  2. Bagteria,brand tas milik Nancy Go yang mewabah di dunia dan digunakan oleh artis-artis terkenal mancanegara seperti Emma Thompson,
    Audrey Toutou bahkan Paris Hilton;
  3. Sophie Martin Paris;
  4. Lea Jeans;
  5. Sabbatha.
    Selain brand-brand diatas,Indonesia memiliki banyak desaigner fashion yang menghasilkan karya berkualitas dan terkenal. Misalnya Tex Saverio yang salah satu hasil karyanya dikenakan oleh penyanyi Amerika Lady Gaga. Indonesia memiliki kemampuan besar dalam membuat produk fashion berkualitas,terbukti dengan prestasi-prestasi anak bangsa yang karyanya sampai terdengar di luar negeri. Oleh karena itu kita patut berbangga dan ikut menggunakan produk-produk lokal yang tidak kalah dengan produk luar negeri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar