Minggu, 13 Juli 2014

[Opini] Presiden Idealku

     Pemilihan Presiden Indonesia 9 Juli 2014 baru saja berlalu dan mengundang perhatian seluruh masyarakat Indonesia termasuk aku. Dengan adanya pemilihan ini membuatku berpikir orang seperti apakah yang layak menjadi pemimpin Indonesia. Dan menurut pendapat pribadi, aku memiliki karakter yang harus dimiliki presiden idealku.


     Pertama adalah karakter cinta tanah air dan melayani dengan ikhlas. Pemimpin seperti ini menurutku akan jauh dari korupsi karena tidak akan mengharapkan balasan atau penghargaan atas pengabdian terhadap masyarakat. Selain itu karakter yang berjiwa sosial pun penting, dimana dia peduli dengan masalah yang terjadi disekitarnya. Jiwa sosial tinggi pun akan memperkuat ikatan persaudaraan dan menambah kawan dari negara lain.

    Selanjutnya menurutku pemimpin harus memiliki kecerdasan atau intelektual agar dapat memimpin negara menuju perubahan yang lebih baik dengan menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah yang tepat. Selain itu pemimpin yang cerdas tidak  dapat dibodohi oleh kalangan tertentu sehingga tidak terjadi penjajahan yang terselubung.

    Berikutnya ketegasan,rasa malu dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Ketegasan sangatlah penting untuk dimiliki pemimpin agar tidak diremehkan oleh lawan maupun masyarakatnya. Ketegasan juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemimpinnya. Rasa malu merupakan karakter yang sering dimiliki oleh pemmpin di Jepang yang membuatku merasa terinspirasi dan membayangkan andai Indonesia memiliki pemimpin seperti itu maka tidak akan ada pejabat yang mempermalukan rakyat dengan kelakuan yang mencoreng kepercayaan yang diberikan rakyat. Misalnya apabila seorang penjabat tidak mampu menjalankan tugas sesuai dengan janji dan peraturan maka dia akan mundur dari jabatannya. Apabbila pemimpin di Indonesia punya rasa malu dan tanggung jawab tinggi maka tidak akan ada korupsi atau tindakan kriminal yang menodai jabatannya.

    Dan dengan karakter idealku itu, aku telah memilih calon presiden yang mendekati karakter idealku. Dan semoga siapa pun nanti presiden Indonesia mempunyai karakter seperti itu dan dapat mengubah Indonesia menjadi negara yang lebih baik dalam segala hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar